How I Take My Notes

Halo! Mungkin, kalian sering dengar istilah '' Studygram" atau something like that. Nah, di Instagram lagi hits nih, akun - akun yang membuat catatan yang unik, tuh. Mungkin kalian disini juga, kepingin buat juga kan?
   Kalau orang - orang biasanya ada yang lebih suka mendengar dan ada juga yang lebih suka membaca. Tapi disini sudah jelas kan, kalian pilih yang mana? Yup! dari pada basa- basi kita mulai ya.

How I Take My Notes ✧

Sebelum dimulai, ada beberapa hal yang kita perlu:
1. Brush Pen atau Highlighter, dsb.
Hasil gambar untuk brush pen 
Ini yang Penting, nih. Brush pen. Jadi tentu saja sebelum kalian memulai, kalian juga harus bisa hand lettering atau menulis huruf sambung dengan Brushpen untuk header, Kalau kalian Gak punya Brush pen, kalian bisa pakai highlighter atau spidol, ya.
Cara menggunakan brush pen juga bisa kalian lihat di Youtube.
 Brush pen yang aku rekomendasiin buat pemula : Tombow abt, Snowman dan Artline stix.

2. Highlighter
Hasil gambar untuk highlighter stationery
 Kalian bisa pakai highlighter merk apa saja ya, tapi ini gak wajib juga, ya! kalau kalian punya, boleh pakai, tapi kalau gak ya gak usah maksain ya hehe.

3. Loose leaf (kertas binder)

Hasil gambar untuk loose leaf 
Ini sih bebas juga, kalian mau pake buku biasa pun gak apa ya. Tapi, kalau kalian ingin seperti catatan studygrammer, kalian boleh pake loose leaf.
 Buat kalian yang belum tahu, loose leaf ini ada berbagai ukuran, yang umumnya sih A5 dan B5. Selain itu ada yang berupa polos, rulled ( bergaris), dotted ( titik-titik ), dan terakhir grid ( kotak-kotak).

4. Brush pen tip kecil ( fudenosuke)
Hasil gambar untuk brush pen fudenosuke 
Maaf ya gatau namanya, tapi ini brush pen kok. Fungsinya untuk menulis sub bab gitu, supaya kita tidak bingung yang mana sub babnya. Kalian bisa Pakai merk Tombow Fudenosuke atau Pentel fude touch, ada juga yang harganya murah, merk Baoke.

5. Sticky note
Hasil gambar untuk sticky note karakter 
Fungsinya untuk menghias catatan kalian, bisa juga kalian tulis seperti rumus atau hal penting dalam mata pelajaran kalian, ya! 

Yuk, kita mulai!
Jangan lupa, dimeja belajar harus ada Buku Paket ya, fungsinya untuk merangkum. Dan jangan lupa juga alat-alat diatas ☝

1. Kalian pertama buat judul atau header menggunakan brush pen, kalian bisa pakai warna apa saja, bisa sesuai mood atau warna kesukaan ya! Kalian juga bisa kombinasi warnanya, atau gradasi. Jangan lupa tulisnya di kertas bagian paling atas, oke?

2. Sudah selesai? Kalian bisa hias lettering kalian menggunakan pulpen tinta putih, ya. atau kalian bisa tambahin efek bayangan menggunakan brush pen yang berwarna abu atau hitam. Tidak juga pun tidak apa kok.

3. Nah, sekarang kalian bisa tulis rangkumannya, jangan lupa sub-bab nya pake brushpen tip kecil tadi. Kalian bisa kombinasikan sesuai ide masing-masing, ya.

4. Jika sudah selesai mencatat kalian juga bisa pakai sticker atau washi tape untuk dekorasi catatan kalian supaya lebih rame dan keren, bukan?


✦ contohnya:








 











https://www.instagram.com/p/B3gzxvFhMdF/

Selain tentang pelajaran, kalian juga bisa buat tentang pahlawan atau apapun, pokoknya kalau kalian tipe anak yang suka mencatat daripada membaca, kalian bisa pakai metode ala-ala studygram ini, dijamin, yang asalnya kita malas membaca, kita pun menjadi senang membacanya karena catatan sendiri yang lebih menarik, betul bukan?

Kalau aku sih iya, karena kalau cuma baca aja aku bisa ngantuk, makanya aku catat seperti ini, kelihatan lebih berwarna dan sesuai mood kita ~❁



~.~ Mungkin segini dulu ya:) dari aku, see you! ~.~*✧







Komentar

  1. Hai Wafa. Tutorialnnya udah ada nih : https://mochiiandpeanut.blogspot.com/2019/11/cara-mengganti-font-blog.html
    semoga membantu ya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih, ya :> nanti akan kucoba, salam kenal ya

      Hapus
  2. Aku juga suka banget nulis study note hehe:)) . Btw kunjungi blog ku yah^^
    Http://angelssweetnotes.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar